Apakah mereka loyal? Analisis pengaruh Total Quality Management terhadap loyalitas pada pelanggan BTN Ambon
Abstract
Tingginya harapan masyarakat terhadap pelayanan berkualitas mendorong penyedia layanan untuk memberikan layanan yang optimal dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan serta mencegah kemungkinan pelanggan berpindah kepada pesaing. Studi ini menginvestigasi pengaruh Total Quality Management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di Bank Tabungan Negara (BTN) Ambon. Sebanyak 75 responden dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses, interaksi, dan lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan dapat menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, yang akan mendukung perusahaan dalam mempertahankan pelanggan setia. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi manajemen perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.48042/jurakunman.v18i1.365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen)
Print ISSN 2086-681X /Online ISSN 2654-8216
Published by
STIE Surya Nusantara
Jln. Rakoetta Sembiring Kec. Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21143
Jurakunman Published Papers Indexed/Abstracted By: